Admin | 19 Agustus 2024

Mahasiswa KKN Undip Dukung Program TANGKAS: Langkah Tanggap Pneumonia untuk Kurangi Stunting pada Anak

Mahasiswa KKN Undip Dukung Program TANGKAS: Langkah Tanggap Pneumonia untuk Kurangi Stunting pada Anak

Surakarta (16/08/2024) – KKN TIM II Universitas Diponegoro mahasiswa Program KKN (Kuliah Kerja Nyata) dari Universitas Diponegoro (Undip) melaksanakan kegiatan Program TANGKAS (Tanggap Pneumonia untuk Kurangi Stunting Anak) yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pencegahan pneumonia guna menekan angka stunting pada anak-anak. Mahasiswa KKN Undip berfokus pada edukasi mengenai hubungan antara pneumonia dan stunting, serta langkah-langkah pencegahan yang dapat dilakukan oleh masyarakat.

 

 

 

Dalam pelaksanaannya, mahasiswa melakukan penyuluhan kepada ibu-ibu di Posyandu setempat mengenai pentingnya imunisasi, pemberian ASI eksklusif, dan pola hidup bersih untuk mencegah pneumonia pada anak. Selain itu, diberikan penyuluhan mengenai gizi seimbang dan pentingnya perawatan kesehatan anak sejak dini untuk mencegah terjadinya stunting.

 

Program ini dimulai dengan wawancara kepada Ketua RW 01 pada hari Kamis (18/07/2024) di Posko KKN Kelurahan Tegalharjo. Kemudian, menyusun materi dan poster yang berisi pengertian, gejala, dampak, dan cara pencegahan agar dapat memberikan wawasan baru mengenai hubungan pneumonia dan stunting untuk ibu-ibu di RW 01.

 

Pembuatan poster TANGKAS yang diserahkan kepada Ketua RW 01 Kelurahan Tegalharjo pada hari Selasa (06/08/2024). Dengan adanya poster TANGKAS (Tanggap Pneumonia untuk Kurangi Stunting Anak), diharapkan dapat memberikan kesadaran terutama pada ibu muda agar menjaga kesehatan anak sejak dini. Selain itu, Program TANGKAS diharapkan mampu memberikan dampak positif dalam upaya menurunkan angka pneumonia dan stunting di Kelurahan Tegalharjo.