Admin | 05 September 2022

Gandekan, Maju Lomba Hemat Energi

Hari Jum'at, 2 September 2022, Kelurahan Gandekan Maju Lomba Penghematan Energi mewakili Kecamatan Jebres maju lomba ditingkat Kota Surakarta dengan dasar surat IN.13.02/540/VIII/2022 Tanggal 25 Agustus 2022 perihgal Peserta Lomba Hemat Energi.

Lomba Hemat Energi yang dipelopori Dinas Lingkungan Hidup Kota Surakarta ini telah mengadakan Rapat teknis (Tehnical Meeting) lomba pada hari Jum'at 26 Agustus 2022 dan akan memperebutkan thropi dan Uang Pembinaan untuk Juara 1 sebesar Rp.2.500.000,-; Juara 2 sebesar Rp.2.000.000,-; dan Juara 3 sebesar Rp.1.500.000,-. dengan Juri Suryono Arief Wijaya (Pegiat Lingkungan) dan RR. Ernawati Listyorini, SH (Kasubag Pengembangan SDA Bagian Perekonomian dan SDA Setda Kota Surakarta).

Maksud dilaksanakannya lomba ini adalah untuk dapat mendorong dan memotivasi penghematan energi dan air bagi pegawai Pemerintah Kota Surakarta. Sedangkan tujuan yang hendak dicapai untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman instansi Pemerintah Kota Surakarta dalam budaya hemat energi dan air sehingga diharapkan semua OPD Mampu merumuskan dan menetapkan kebijakan strategis program konservasi penghematan energi di lingkup organisasinya. kemudian melaksanakan program dan kegiatan aksi penghematan energi, melaksanakan pengawasan serta menjalankan prosedur penghematan energi yang benar.

Adapun indikator yang akan menjadi unsur penilaian adalah Komponen kebijakan, komponen aktivitas dan komponen hasil. Komponen Kebijakan berupa pembuatan SK Gugus Tugas, Surat Edaran, SOP dan lain-lain. Komponen aktivitas, aksi-aksi yang telah dilakukan demi penghematan energi listrik dan air serta komponen hasil berupa laporan budaya perilaku dan penurunan penggunaan listrik dan air.

 

Sugeng Sarwono, SH selaku Lurah Gandekan memaparkan materi dihadapan Juri dan rombongan dengan topik Gandekan Sugesti (Gandekan Semangat Untuk Gemi Setiti Ngati-ati) telah melaksanakan aksi dengan pembuatan SK Gugus Tugas, Edaran, SOP, penempelan stiker-stiker di semua kontak listrik dan kran air-kran air. Pembatasan penggunaan AC ruang melalui JUM'AT SEHAT tanpa menghidupkan AC dengan membuka semua pintu dan jendela agar ada sirkulasi udara sehat. Melaksanakan penyiraman tanaman dengan model tetes air melalui vertical garden dan sumur resapan untuk menampung air hujan. Juga pemilahan sampah organik dan non organik dimulai dari kantor.

Setelah pemaparan Lurah dilanjutkan penilaian Tim Juri meninjau pelaksanakan dilapangan dan setelah peninjauan disampaikan tanggapan dari Tim Juri. Semoga lomba ini memberi manfaat kedepannya dan Gandekan keluar sebagai Juara. (M@n)